Kakek Pengamen Unik Berhati Mulia


IRFANRO.COM - Pengamen bisa dikatakan sebagai seorang penghibur jalanan, dan atas jasa mereka menghibur maka mereka meminta imbalan. Atau bisa dikatakan juga, bagi yang terhibur silahkan memberikan imbalan.

Pak Tris, beliau adalah pengamen yang menurut penulis adalah hebat. Dalam kegiatannya mengamen, Pak Tris tidak mengulurkan tangan meminta imbalan. Beliau asik saja meniup harmonika dan memainkan kecrek (instrumen buatan sendiri dari tutup botol) sebagai penjaga beatnya, walaupun belum ada yang memberi imbalan. Jika ada yang memberi, baru diterima, tapi tidak mengulurkan tangan meminta.

Karena tertarik dengan keunikannya, maka penulis pun memohon waktu beliau sebentar untuk berbincang-bincang. Pak tris ini berdomisili di Balerejo Yogyakarta. Ternyata setiap hari kegiatan Pak Tris tidak melulu mengamen, beliau di pagi hari memunguti sampah di sekitar kampung nya. Dan menariknya, beliau tidak meminta bayaran dari membersihkan sampah-sampah di pinggir jalan itu. Pak Tris bilang kegiatan bersih-bersih ini dilakukan untuk olahraga dan supaya jalanan di wilayah tempat tinggal beliau jadi bersih. Yang beliau minta hanya izin diperbolehkan melakukan kegiatan ini. Tapi bisa jadi sampah-sampah yang bisa dijual dikumpulkan, penulis lupa tidak menanyakan hal ini.


Dalam kegiatannya mengamen, Pak Tris menggunakan instrumen harmonika dan icik-icik / kecrek. Beliau menamakannya tri tunggal, maksudnya memainkan komposisi musik sendiri / tunggal dengan menggabungkan tiga gerak yaitu, gerak meniup harmonika, gerak tangan memainkan icik-icik dan gerak tari kaki, tangan dan badan. Cukup menarik bukan? lihat video dibawah ini:


Area mengamen Pak Tris tidak jauh, hanya di sekitaran SGM Jogja. Dari warung tahu kupat pojokan perempatan SGM, ke barat sampai ke warung makan SS. Nah, dibalik sosok nya yang sudah tua tersimpan semangat dan hati yang mulia. Beliau tidak mau meminta-minta, bahkan beliau menyajikan permainan musikal yang menghibur.

Written by

"Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Untuk semua waktu ketika aku melupakannya".

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan

 

© 2013 Irfan Ro. All rights reserved. Designed by Templateism

Back To Top