7 Fenomena Alam Yang Aneh di Dunia

IRFANRO.COM - Alam dari waktu ke waktu selalu memberikan kejutan. Banyak kejadian-kejadian alam yang aneh dan unik terjadi di seluruh dunia. Bagi kacamata religius ini adalah simbol kebesaran Tuhan, bagi para ilmuwan fenomena alam ini adalah bagian dari proses alam itu sendiri.

Fenomena alam yang aneh menjadi menarik untuk dicerna jika dikaji secara ilmiah. Berikut ini tujuh fenomena alam aneh yang terjadi di dunia:

Gerbang Neraka



Penampakan fenomena alam ini bisa diimajinasikan sebagai pintu neraka, atau setidaknya lokasi ini disebut seperti itu. Kejadian yang sebenarnya adalah gas yang keluar dari perut bumi terbakar. Fenomena aneh ini berlokasi di Turkmenistan, dan ditemukan oleh para ilmuwan pada tahun 1971. Anehnya lagi, Fenomena ini masih terjadi sampai sekarang.

Pulau Kepiting Merah




Fenomena alam ini terjadi di pulau Christmas (Christmas Island) Australia. Ribuan kepiting merah setiap tahun bermigrasi ke pantai sampai ke pulau untuk berkembang biak, tepatnya sekitar bulan oktober - november. Tidak lama, sekitar satu minggu rombongan kepiting merah ini bermigrasi.

Pasukan Paku Es


Pasukan paku dari es ini hanya ditemukan di dataran tinggi bersalju. Bentuk dan ukuran mereka bervariasi, mulai berukuran beberapa senti sampai dua meter. Berbentuk mirip paku, dan ada yang mirip pisau.

Proses terbentuknya pun lumayan rumit, umumnya mereka mengikuti arah matahari. Mereka sangat bergantung pada ablasi diferensial.

Supercells

Photo by Topazwoolenwick

Sangat menakutkan, supercells ini adalah arus naik di dalam kumparan badai petir. Seringkali supercells muncul di Great Plains AS, tapi mungkin saja bisa muncul di belahan bumi yang lain jika kondisi meteorologi memungkinkan.

Lingkaran Es

Photo by Hogyn Lleol

Photo by Sally Wilson

Lingkaran es ini sangat langka, hanya muncul di perairan yang bergerak lambat di iklim yang dingin seperti di Eropa Utara, Amerika dan beberapa terlihat di Inggris.

Waterspouts

Photo by NOAA

Unik sekali, seperti air muncrat ke atas dalam skala yang besar. Waterspouts ini sejenis puting beliung. Jadi ini terjadi karena kumparan angin yang sangat kuat hingga menyebabkan air naik dan menggulung.

Batu Berlayar


Jika diamati sailing stones ini memang tampak seperti berlayar, batunya seperti berlayar di atas tanah. Ini sebenarnya terletak di sebuah danau yang rata dan sangat dangkal The Racetrack Playa di Death Valley.

Masih belum terungkap bagaimana metode batu-batu ini bisa bergerak. Saat hujan turun, air menggenang hanya sekitar 4cm dan ketika kering meninggalkan lapisan lumpur yang halus dan licin.

Ada teori yang mengatakan batu ini bergerak karena angin dan lumpur yang licin sehingga ada kemungkinan menggerakkan batu, tapi itupun juga belum dibuktikan secara aktual.

Itulah beberapa kejadian alam yang aneh, yang terjadi di seluruh dunia. Apakah fenomena ini pernah terjadi di Indonesia?

Written by

"Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Untuk semua waktu ketika aku melupakannya".

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan

 

© 2013 Irfan Ro. All rights reserved. Designed by Templateism

Back To Top