Petai, Anti Kanker dan Manfaat Lain Untuk Kesehatan

(images: vemale.com)

IRFANRO.COM - Dari tidak suka menjadi suka adalah sebuah kalimat untuk menggambarkan saya dan petai. Entah mulai kapan saya menyukai petai, berawal dari penasaran lalu mencoba dan tiba-tiba suka. Dulu, bisa dibilang saya benci petai dan sederet penuturan yang notabene berhubungan dengan bau-bauan tidak sedap yang melekat pada petai ini. 

Bagi sebagian orang, petai merupakan pelengkap makanan. Ada yang dimakan mentah bersama makanan utama, ada juga yang dimasak sebagai pelengkap hidangan utama. Bau? memang. Tapi, dibalik sosoknya yang jika dikonsumsi menghasilkan output bau berlebihan ini tersimpan manfaat yang baik untuk kesehatan. Percaya atau tidak memang dibutuhkan bukti penelitian ilmiah. Adapun beberapa manfaat petai dari berbagai sumber adalah:

Sebagai Anti Kanker
Baru-baru ini beredar informasi bahwa petai mempunyai manfaat sebagai pembunuh sel kanker yang kuat. Bahkan lebih kuat daripada kemoterapi medis. Berikut ini cuplikan informasi tentang petai yang ramai dibicarakan di media sosial:

Ternyata PETE merupakan produk ajaib untuk membunuh sel KANKER & 10.000x lebih kuat dari KemoTerapi. Spt diketahui, pohon pete dikenal varietas pete dan petai. Kita bisa makan buah itu dengan cara dimakan langsung, di jus, minuman siap saji, sorbets, kue, dll. 

Hal ini menghasilkan banyak kebaikan, tapi yang paling menarik adalah efek yang dihasilkan pada kista dan tumor. Buah ini adalah obat yang terbukti melawan semua jenis kanker. Pete dianggap juga sebagai spektrum anti mikroba terhadap infeksi bakteri dan jamur, efektif terhadap parasit internal dan cacing, dpt mengatur tekanan darah yang terlalu tinggi & berguna sbg anti depresan, memerangi stres dan gugup. 

Sumber informasi menarik ini berasal dari salah satu produsen obat terbesar si dunia yg mengatakan bahwa setelah lebih dari 20 tes laboratorium yang dilakukan sejak tahun 1970, terungkap bahwa: Pete bisa menghancurkan sel-sel ganas di 12 kanker, termasuk kolon, payudara, prostat, paru-paru dan pankreas. 

Senyawa buah ini menunjukkan 10.000 kali lebih baik dari produk adriamycin, obat kemoterapi biasanya digunakan di dunia, memperlambat pertumbuhan sel kanker. Dan bahkan yg lebih mencengangkan: jenis terapi dengan ekstrak pete hanya menghancurkan sela-sela kanker ganas & tdk mempengaruhi sel-sel sehat. (Institute of Health Sciences, 819 Sweden Riset Biosains. L.L.C. Cause Street).

Informasi yang menggembirakan bagi penikmat petai bukan? Tapi, entah informasi ini hoax atau bukan saya tidak tahu. Seharusnya, jika sudah ada penelitiannya maka presentasi dan jurnal skala Internasional juga sudah ada.

Petai Sebagai Detox Tubuh
Beberapa terapis herbal mengatakan petai bisa berguna sebagai detox. Bau tidak sedap yang keluar dari aroma air seni jika mengkonsumsi petai adalah hasil detox tubuh. Jika mengkonsumsi petai secara rutin lama-kelamaan air kencing tidak berbau menyengat. Dengan kata lain setelah di detox, maka akan bersih dan tidak berbau.

Anti Stress dan Depresi
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan petai. Hal ini terjadi karena petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

Anemia
Dengan kandungan zat besi yang tinggi, pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan dapat membantu mengurangi efek anemia.

Premenstrual Syndrome (PMS)
Khusus untuk kaum perempuan, jika tamu bulanan datang bisa mengkonsumsi petai karena bisa meringankan. Vitamin B6 yang terkandung di dalam petai mengatur gula darah dan menimbulkan perasaan baik.

Tekanan Darah Tinggi
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

Nah, itulah beberapa manfaat dari biji petai untuk kesehatan. Believe it or not? hehe. Yang pasti, saya akan melanjutkan mengkonsumsi petai, habis sedap sih haha.

Sumber:
detik health
tribun news
Berbagai sumber lainnya


Written by

"Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Untuk semua waktu ketika aku melupakannya".

2 komentar:

  1. Wah ternyata makanan favorit saya manfaatnya gede banget ya mas :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan

 

© 2013 Irfan Ro. All rights reserved. Designed by Templateism

Back To Top