Cara Treatment Black Opal Kalimaya Banten


IRFANRO.COM - Dalam tulisan saya kali ini akan membahas tips tentang bagaimana cara treatment atau perlakuan tambahan terhadap batu fosil kayu sempur atau yang lebih familiar kita kenal dengan nama black opal banten yang belum keluar jarong nya.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan sempur yang baik. Menurut pengalaman saya, ada beberapa ciri tertentu yang menandakan itu batu bakal keluar jarong. Karena tidak semua sempur yang kita temui di pasaran bisa keluar jarong. Begini:
1. Berbobot berat atau ringan?. Menurut pengalaman saya, bobot batu tidak mempengaruhi keluar atau tidaknya jarong. Toh beberapa kali dapet sempur yang ringan juga keluar jarongnya.
2. Berwarna hitam legam atau kecoklatan?. Warna juga tidak pengaruh. Tapi yang jika disenter berwarna coklat lebih cepat keluar jarong nya.
3. Sudah keluar jelly atau polos?. Nah ini penting, usahakan mencari sempur yang sudah keluar jelly. Jelly ini berwarna putih yang akan tampak di permukaan batu. Seringnya jelly mengikuti alur serat batu nya. Jika memilih sempur polos, nanti masih perlu treatment untuk mengeluarkan jelly nya dulu.
4. Sudah keluar bintik jarong atau jelly?. Jika ketika anda memilih bahan sempur menemukan satu titik jarong, bahkan walaupun cuma satu titik, biasanya warna merah untuk jarong awal keluar, maka pilihlah batu itu. Karena proses treatment nya akan lebih cepat jika sudah ada bibit jarongnya walaupun cuma satu titik.
5. Bagaimana cara memilih itu nanti bakal jadi jarong ruyung ataupun jarong bintik? Dalam hal ini lebih kepada teknik memotong batu nya. Jika serat di potong berdiri, maka dia akan keluar jarong bintik. Dan jika serat dipotong terlentang, maka akan keluar jarong ruyung atau garis-garis.

Sepertinya sudah bisa disimpulkan mengenai cara memilih sempur yang baik. Sekali lagi, tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi, sangat mungkin teman-teman yang lain mempunyai pengalaman yang berbeda.

Nah .... Mari kita lanjut tentang bagaimana cara merawat atau treatment sempur yang tidak lebay agar keluar jarongnya. Saya tidak mengetahui tentang reaksi-reaksi ilmiah dengan bahan-bahan yang digunakan, akan tetapi dengan bahan-bahan itu terbukti jarong bisa keluar. Bahan-bahan tadi juga tidak berbahaya.

1. Sediakan minyak zaitun murni / virgin olive oil. Paling gampang beli di apotek aja. Kemudian minyak angin. Selanjutnya alkohol 96%, kalau tidak ada ya pakai yang 70%.
2. Sediakan wadah. Bertutup atau tidak bebas aja yang penting bisa untuk menampung sempur anda.
3. Sediakan piring kecil, ini digunakan ketika penjemuran sempur anda.
4. Sediakan amplas halus. Ukuran 1000 keatas.

Caranya:
1. Campur minyak zaitun + minyak angin + alkohol dalam wadah. Perbandingan pastinya tidak ada, yang jelas usahakan minyak zaitun pada porsi yang lebih banyak. Jangan kaget jika tidak mau campur jadi satu, tidak apa.
2. Masukkan black opal anda ke dalam ramuan, penting disini sebaiknya BO (black opal) yang akan direndam sudah dibentuk pola sesuai keinginan. Hal ini memudahkan agar supaya jika jarong sudah keluar tidak ada resiko jarong hilang ketika digospol.
3. Jemur BO anda dibawah sinar matahari selama 1 - 2 jam setiap hari. Caranya keluarkan batu dari rendaman memakai pinset atau sendok (jika tidak ingin tangan bau minyak) lalu jemur di tempat terbuka yang terkena langsung sinar matahari. Setelah selesai berjemur, rendam kembali ke dalam ramuan dan simpan.
4. Setiap satu minggu sekali permukaan BO diamplas pelan-pelan. Secukupnya.
5. Ulangi poin 3 dan 4 secara kontinyu sampai jarong keluar. Biasanya 1 - 4 minggu atau lebih jarong sudah nongol.

Demikianlah tips dari saya. Adapun tetangga saya hanya memakai zaitun saja juga keluar jarong, ada juga yang memakai zaitun + baby oil juga keluar jarong. Akan tetapi, relatif lebih lama jika memakai kedua cara tersebut. Bagaimana dengan minyak GPU? Saya belum mencoba nya, jadi tidak menuliskannya.


Written by

"Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Untuk semua waktu ketika aku melupakannya".

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan

 

© 2013 Irfan Ro. All rights reserved. Designed by Templateism

Back To Top