Ciri Batu Bulu Macan Asli Lumajang

IRFANRO.COM - Gema perbatuan nusantara semakin hari semakin bergaung di seluruh penjuru daerah di Indonesia. Masing-masing daerah menawarkan jenis batu permata dan akik yang mempunyai ciri khas masing-masing. Misalnya, dari daerah Sumatera terkenal dengan Giok Aceh, Sungai Dareh, Lumut Suliki. Dari pulau Kalimantan ada kecubung Kalimantan dan Red Borneo, dari Sulawesi ada Giok dan Sisik Naga, dari Maluku ada Bacan, dari Papua ada Serphentine dan  Cyclop Papua, dan di Jawa terkenal dengan Black Opal kalimaya Banten, Red Baron Pacitan dan Bulu Macan Lumajang. Sebenarnya masih sangat banyak jenis bebatuan Nusantara yang lain, tapi penulis hanya menyebutkan yang paling terkenal saja dan akan memfokuskan pada pembahasan batu Bulu Macan Lumajang.

Batu Bulu Macan Lumajang yang asli hanya ada satu yaitu berjenis Basaltic Tiger Glass bukan seraphinite ataupun pietersite. Adapun jenis lain yang ditemukan di seputaran Jember dan perbatasan Lumajang berjenis Seraphinite. Dua batu ini sangat Berbeda. Berikut contoh penampakannya:

Basaltic Tiger Glass

Seraphinite


Dari dua gambar di atas sangat jelas perbedaan jenis bulu macan basaltic tiger glass dan seraphinite. Okey mari kita lanjut ke cara paling mudah atau tips mudah untuk mengenali batu bulu macan basaltic tiger glass asli dari Lumajang. Ada dua tips saya, diraba dan diamati.

1. Diraba. Maksudnya diraba disini adalah diraba bagian atas nya, basaltic terasa sangat halus bagaikan kaca.

2. Diamati. Dilihat secara langsung, basaltic permukaan nya body glass mengkilap bagaikan kaca. Warna dasar hitam bagaikan aspal, serat bulu nya keemasan keabu2an. Dan yang paling wajib adalah basaltic tiger glass bulu nya goyang / 3d atau lebih tepatnya berefek hologram. Jadi terlihat seperti bulu asli. Untuk efek 3d, sebagian seraphinite dan pietersite jg 3d tapi beda. Biasanya cuma searah. Sangat beda dan seraphinite tidak body glass. Pietersite berwarna kebiruan mirip bulu merak.

Oh iya, basaltic tiger glass mempunyai beberapa tipe serat bulu nya. Ada serat kipas, serat kipas super, serat jarum, serat rambut keramik. Untuk beberapa contoh serat bulu basaltic tiger glass bisa dilihat di video ini:


Hati-hati pada penipuan penjual. Biasanya mereka menjual seraphinite atau pietersite dengan mengatasnamakan bulu macan tanpa menyebutkan detail batu nya, atau mungkin juga si penjual tidak tahu. Sebenarnya tidak sepenuhnya salah, karena jenis seraphinite ini juga ditemukan disana. Kalau diamatin seraphinite lebih mirip bulu monyet. Tapi, untuk bulu macan Lumajang adalah Basaltic Tiger Glass, seperti yang sudah diberikan nama oleh beberapa Lab Gemologi besar di Indonesia dgn nama Basaltic Tiger Glass. Sekian tulisan saya juragan, semoga bisa menambah pengetahuan yang bermanfaat.

Written by

"Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Untuk semua waktu ketika aku melupakannya".

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan

 

© 2013 Irfan Ro. All rights reserved. Designed by Templateism

Back To Top