Candi Gedong Songo, Sebuah Perjalanan

IRFANRO.COM - Sesuai namanya, Candi Gedong Songo adalah komplek candi yang berjumlah sembilan. Lokasinya terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Candi Gedong Songo adalah bekas peninggalan Hindu dan ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804.


Lokasi bisa diakses dari Ambarawa, belok ke arah Bandungan. Setelah sampai pasar Bandungan, belok kiri dan ikuti petunjuk arah. Jalan beraspal halus tapi tidak lebar, jadi hati-hati dalam berkendara. Kemacetan biasa terjadi di area pasar Bandungan.

Candi Gedong Songo secara fisik mirip dengan Candi Dieng di Wonosobo. Ukuran candi relatif kecil jika dibandingkan candi-candi di Yogyakarta dan Magelang. Uniknya, jarak antar candi satu dengan yang lainnya lumayan jauh dan berbukit.


Akses untuk mengunjungi candi ke satu sampai ke sembilan bisa dengan berjalan kaki atau menyewa kuda. Jika kondisi fisik anda sedang fit, maka berjalan kaki saja sekalian olah raga dan menikmati sejuknya pemandangan alam, tapi jika sedang kecapekan lebih baik sewa kuda saja. Menunggang kuda dengan aman karena setiap satu kuda dilengkapi dengan satu pemandu sekaligus menjadi guide area.

Selain kompleks candi, di area wisata Gedong Songo ini terdapat pemandian air panas. Tampak dari atas bukit asap belerang mengepul terus-menerus menambah syahdu nya suasana.


Suka outbound? di sini juga tersedia area outbound dan bumi perkemahan. Setelah berkeliling komplek candi dan perut keroncongan anda bisa melepas lelah sambil menikmati berbagai hidangan kuliner yang banyak tersebar di area wisata ini. Ingin beli oleh-oleh dan suvenir? di pintu keluar anda akan melewati komplek pedagang oleh-oleh dan suvenir.

Bagaimanakah dengan liburan anda dan keluarga bulan ini? Candi Gedong Songo bisa dimasukkan ke jadwal liburan keluarga anda. Cobalah ...

Baca juga : 5 Lokasi Wisata Terindah di Papua

Written by

"Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Untuk semua waktu ketika aku melupakannya".

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan

 

© 2013 Irfan Ro. All rights reserved. Designed by Templateism

Back To Top