Sleep Lab : Ternyata Tidur Kita Bisa Direkam dan Dipelajari!


IRFANRO.COM - Informasi ini sangat baru bagi saya yang bukan orang kesehatan. Sleep Lab (Sleep Laboratory) adalah pemeriksaan dengan perekaman kinerja organ-organ tubuh yang dilakukan pada saat tidur. Prosesnya dengan menempelkan kabel-kabel pendeteksi di beberapa titik dibagian tubuh seperti gambar di atas. Hal ini mempunyai tujuan memperkuat diagnosa sebuah penyakit. Kita tahu bahwa pada umumnya pemeriksaan dilakukan pada saat sadar.

Berawal dari kejadian yang dialami kakak saya sendiri, dia mengalami gangguan pada saat tidur. Sudah lama kakak saya mendengkur dalam tidurnya, dan hanya seperti itu saja tidak ada gangguan lainnya. Sepertinya sudah umum kan banyak sekali orang yang tidur mendengkur.

Namun, selama dua tahun terakhir kakak saya mengalami gangguan dalam tidurnya, yaitu semacam nafas berhenti beberapa detik dan ketika bangun tergagap dan serasa ingin loncat. Awalnya dianggap seperti "ketindihan" (bahasa Jawa) biasa, tapi lama kelamaan ternyata berbeda. Kejadian ini muncul saat kondisi tubuh terlalu letih dan dipaksakan untuk terjaga dan bekerja.

Karena kejadian seperti ini berulang semakin sering dan sangat mengganggu maka kakak saya mulai berpikir bahwa ini harus disikapi dengan serius. Kakak saya pun ke rumah sakit (Bethesda Yogyakarta) untuk periksa ke dokter ahli. Karena belum tahu penyebabnya, maka pergi ke dokter umum dulu. Dan diagnosa sementara ada gangguan di tenggorokan, lalu diarahkan supaya ke dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut. Setelah diperiksa oleh dokter THT ternyata tenggorokan kakak saya normal. Dan pak dokter memberitahu bahwa gejala seperti yang dialami kakak saya itu bernama Sleep Apnea, yaitu gangguan tidur yang mengganggu pernafasan seseorang pada waktu tidur. Selanjutnya dokter THT menyarankan untuk melakukan Sleep Lab dibagian spesialis saraf.

Ada beberapa rabaan penyebab sleep apnea kakak saya, jantung, gangguan saraf - otak, dan lain nya. maka dari itu dianjurkan melakukan sleep laboratory, untuk memastikan sumber penyebab sleep apnea tersebut.

Sampai saya menulis saat ini belum keluar hasil sleep lab nya, karena baru tadi pagi selesai. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jika diantara teman-teman atau saudara dan kerabat anda mengalami gejala yang sama, seyogyanya segera melakukan sleep lab, karena bukan tidak mungkin jika dibiarkan berlarut-larut sleep apnea bisa mengakibatkan kefatalan. Informasi sementara rumah sakit di Yogyakarta yang ada layanan sleep lab adalah di rumah sakit Bethesda dan RSU Sardjito.

Written by

"Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Untuk semua waktu ketika aku melupakannya".

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan

 

© 2013 Irfan Ro. All rights reserved. Designed by Templateism

Back To Top