Misteri Hidden Track Dalam Sebuah Lagu

(image: ordinary-production.link sudah diedit)

Apa Maksud Hidden Track?
IRFANRO.COM - Sebelum lebih jauh membahas tentang hidden track dalam sebuah lagu, saya akan menekankan bahwa tulisan ini berdasarkan angan-angan saya dan mungkin belum terbukti secara ilmiah, atau bahkan mungkin sudah ada ahli yang menulisnya. Yah, bisa dianggap saja sebagai wacana hehe.

Sebuah lagu itu tersusun dari beberapa track. Setiap track berisi suara (audio) instrumen atau vokal hasil dari proses merekam. Sehingga ketika sudah di mixed maka akan menjadi sebuah komposisi lagu utuh seperti lagu-lagu yang anda dengarkan.

Nah, lalu apa maksud hidden track ini? yang saya maksud dengan hidden track ini adalah sebuah track yang dengan sengaja disembunyikan, disetting dengan level suara sangat minim dalam frekwensi gelombang tertentu, sehingga si hidden track ini tidak akan terdengar jika seluruh rangkaian track diputar bersamaan. Tapi, walaupun si hidden track tidak terdengar, dia masih BERBUNYI. Karena level suara hidden track yang sangat minim, maka dia akan tertutup suara-suara dari track yang lain yang level suaranya jauh lebih tinggi, tapi si hidden track ini masih BERBUNYI. Dia masih BERBUNYI ...

Apa tujuan menambahkan hidden track dalam sebuah lagu? Saya kira ini bisa diaplikasikan sebagai PENYAMPAI PESAN AFIRMASI KE ALAM BAWAH SADAR PENDENGAR. Bahwa bawah sadar manusia itu merekam semua yang terjadi dan terdengar di alam sadar manusia, sekecil apapun level suara itu. Dan bawah sadar tidak mengenal penolakan. Ini berkaitan erat dengan dunia psikologi yang lebih spesifik ke hipnotisme yang bukan basic pendidikan saya. Makanya saya tekankan di awal bahwa ini hanya angan-angan saya saja, anggap sebagai wacana.

Sudah mulai mengerti arah tulisan (angan-angan) saya bukan? penyampaian pesan afirmasi ke alam bawah sadar melalui hidden track ini nantinya bisa berguna sebagai sebuah kebaikan maupun keburukan, mungkin seperti itu ya lha wong namanya angan-angan hehe. Bahkan lebih jauh lagi, ini bisa digunakan untuk mengkondisikan sebuah negara. Bagaimana bisa? Penduduk sebuah negara kan manusia juga, dan manusia bisa mendengarkan musik. Woooow ngeriii, yang terakhir dihapus aja ya.

Hidden Track Solusi Bagi Industri Musik
Mungkin pada bagian ini akan bertentangan dengan dengan sebuah ungkapan, "jika lagunya bagus ya pasti banyak yang suka". Tapi tidak apa-apa lah ya, kan cuma angan-angan saya saja. 

Dalam industri musik, produk utama yang dijual adalah musik. Musik dikemas menjadi sebuah lagu, dan lagu tersebut yang akan dijual. Tentunya masih banyak produk dalam industri musik ya, misalnya merchandise, show off air, pemain musiknya bisa dijual sebagai iklan untuk produk non musik dan lain sebagainya.

Nah, supaya produk atau lagu bisa laku dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan adalah umumnya memproduksi lagu yang berkualitas bagus dan promosi yang bagus dengan harapan akan laku di pasaran. Nah routing ini adalah alami. Produk bagus - promo bagus - banyak digemari - laku - mendatangkan profit bagi perusahaan.

Routing yang alami ini dipastikan menghabiskan waktu, biaya produksi dan promosi yang besar dan belum tentu laris juga. Sudah banyak contoh produksi-produksi yang memakan biaya sangat besar dengan hasil akhir merugi. Padahal sudah menerapkan strategi-strategi marketing yang sesuai buku dan sudah menggunakan publisher handal.

Satu hal yang mungkin terlewatkan bahwa, konsumen produk musik adalah manusia. Manusia punya selera dan rasa berbeda-beda. Manusia bisa mandiri dalam memilih apa yang dia suka dan tidak suka. Otak manusia sangat kompleks. Otak manusia mengeluarkan gelombang-gelombang (brain wave) tertentu. Dan, we know that brain wave bisa dimanipulasi dengan frekwensi tertentu. Nah, pada ranah gelombang otak ini, hidden track nantinya akan bekerja dan akan mempengaruhi dunia sadar manusia. Untuk macam-macam jenis gelombang otak ini silahkan browsing saja tentang brainwave dan binaural beats, disini tidak akan saya detail-kan.

(image: qeizhaza.wordpress.com)

Lalu bagaimanakah routing yang tidak alami itu? menurut saya adalah yang memanfaatkan hidden track ini dalam sebuah produk lagu. Jika gelombang otak manusia bisa distimulasi, bukan tidak mungkin hidden track ini bisa mendongkrak penjualan sebuah produk musikal. Sekali mendengarkan lagunya, hidden track menyampaikan pesan afirmasi ke bawah sadar dalam frekwensi gelombang tertentu, bawah sadar menunaikan tugasnya, pendengar menyukai lagunya, pendengar terus mengingat lagunya, karena suka pendengar membeli albumnya, pendengar melihat promo visual melalui video klip terafirmasi lagi, pendengar merindukan lagunya, pendengar membeli tiket menonton konser live nya, perusahaan mendapatnya feedback profit nya. Tentunya kalimat perintah afirmasinya yang berhubungan dengan agar supaya pendengar menyukai lagu tersebut. Angan-angan saya terlalu kartun ya, hehe tidak apa-apa dong.

Hidden Track Dalam Kancah Politik
Angan-angan saya mungkin terlalu muluk, tapi sepertinya bisa kok dicoba. Sekali lagi, hidden track bisa sebagai penyampai pesan tertentu. Misalnya untuk kepentingan politik. Perintah pesan dalam hidden track bisa difokuskan pada calon tertentu dengan tujuan akan menyukai si calon tersebut.

Lalu media lagunya bagaimana? kan ini bertujuan politis. Kalau itu sih harus kreatif. Manusia masa kini hobi ke pusat-pusat perbelanjaan dan tempat nongkrong yang pasti memutar musik. Bisa memanfaatkan pemusik yang lagunya terkenal. Bisa memanfaatkan lagu-lagu pendek atau jingle yang sering diputar di keramaian. Bisa ngebayangin enggak jika lagu di stasiun kereta api "teng tong tong, tong teng teng tong" yang cuma beberapa detik itu disisipin hidden track? Haduh, semakin kartun angan-angan saya. Ah .... tidak apa-apa, lanjut.

Hidden Track Sebagai Penyampai Pesan
Dulu pernah dengar bahwa beberapa band dan penyanyi solo disponsori aliran tertentu. Illuminati lah, masonic / freemason lah, satanic lah dan lain-lain nya. Bisa diambil contoh penyanyi solo #Katy Perry, di lagu Dark Horse diidentifikasi dia disponsori Illuminati dan Mason. Terlihat dari simbol-simbol piramida / segitiga, satu mata di atas piramida, dan kuda. Dan beberapa orang iseng pun membedah lagu itu track demi track entah dengan aplikasi apa dan yang mengejutkan ada satu track yang tersembunyi berisi suara lenguhan kuda dan gumaman-gumaman tidak jelas seperti mantra. Katanya video salah satu akun di #youtube sih begitu. 

Ada kabar juga salah satu band underground menggunakan mantra-mantra tersembunyi dalam sebuah lagu. Itu terjadi pada zaman masih memakai kaset pita. Mantra-mantra itu direkam dibalik pita. Ini diketahui ketika pita kaset dibalik dan di play dan terdengarlah suara itu.

Nah ini menarik bukan? apa tujuan mereka memasukkan mantra? tidak mungkin tanpa tujuan tertentu. Sebenarnya mantra itu kalau diterjemahkan juga sebuah kalimat afirmasi, kayaknya sih. Lho, kok kayaknya? Kan saya sudah bilang tulisan ini adalah angan-angan saya saja, jadi ya wajar ada kata kayaknya dan mungkin hehe. Saya cuma berangan-angan dan saya tulis saja. Wacana saja, jangan serius.



 Private Label Rights

Written by

"Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Untuk semua waktu ketika aku melupakannya".

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan

 

© 2013 Irfan Ro. All rights reserved. Designed by Templateism

Back To Top