Wisata Eksotis Candi Ceto Karanganyar



IRFANRO.COM - Suka dengan hal-hal yang berbau sejarah sob? Ada tempat menarik nih di Kabupaten Karanganyar Surakarta. Tempat ini bernama Candi Ceto. Lokasi tepatnya adalah di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar Surakarta. 



Diduga Candi Ceto ini dibangun pada masa akhir Kerajaan Majapahit. Kesimpulan ini didasarkan oleh beberapa relief dan patung yang mempunyai karakter ke-Majapahit-an. Layaknya Freemason empunya arsitektur dan tukang bangunan yang hobi memakai simbol-simbol, di lokasi Candi Ceto ini juga penuh dengan simbol-simbol yang mempunyai maksud tertentu. Beberapa simbol kesuburan yaitu relief penis dan vagina, relief kura-kura, dan beberapa patung. Ada relief yang kalau dilihat dari atas imajinasi saya teringat akan adanya jejak invasi alien, hmmm. Yang jelas disini gak ada dinosaurus sob, looohhh! Untuk lebih jelasnya sob bisa baca di wikipedia aja.








Candi ini terdiri dari beberapa teras. Ketika pertamakali menjejakkan kaki disini, saya langsung teringat konsep piramida, bukan MLM lho hahaha. Saya kebetulan tidak menghitung ada berapa teras, yang jelas bangunan candi utama ada di teras paling atas. Karena Candi Ceto ini masih digunakan untuk beribadah umat Hindu, seyogyanya jika berkunjung kesini menjaga kebersihan, menjaga tingkah laku, tidak berisik, tidak merusak dan tidak melakukan hal-hal yang negatif. Alangkah indahnya jika saling menjaga dan menghormati. Yoi gak sob...







Hobi selfie sob? Boleeeehh, boleh koq kalian jepret-jepret di area candi ini. Suasana alam pegunungan bercampur sedikit aroma mistis menjadi bumbu rasa indra kita sob, menurut saya sih gitu.
Akses ke lokasi relatif mudah. Dari mana saja kalian, temukan fly over Palur dan ambil arah kota Karanganyar, ambil arah ke Tawangmangu, lalu rajinlah lihat papan petunjuk arah. Seharusnya nggak nyasar. Jalan relatif halus. Oiya, wajib bagi kendaraan dalam kondisi prima, terutama bagian rem. Yang bawa mobil jangan lupa air / cooler radiator diperhatikan, kampas kopling juga jangan dicuekin. Beberapa mobil mengepul tuh berasap hahaha. Mobil matic super hati-hati ya. Udah dulu yaa, cuzzzz ...


Ebook bermanfaat klik gambar dibawah ini

Written by

"Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Untuk semua waktu ketika aku melupakannya".

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan

 

© 2013 Irfan Ro. All rights reserved. Designed by Templateism

Back To Top